Selasa, 25 Oktober 2011

Star The Companion of The Moon


   Star The Companion of The Moon      Bintang Pendamping Bulan   
Postingan 03
Harian 01


Di saat kau tidak bisa melihatku,
Dan jarak memisahkan kita,
Lihatlah bulan atau bintang sirius,
Benda angkasa yang kita lihat bersama,
Membuat diri ini teduh akan sinarnya yang terang,
Dan mendekatkan hati kita.



Hai.... :)



Bintang sirius. Itu adalah bintang yang menarik perhatian saya dari seminggu atau dua minggu lalu, tepatnya sejak bulan purnama, Itulah pertama kali saya mengenal bintang sirius dengan mata kepala sendiri. Bintang itu terletak tepat di sebelah bulan purnama. Sayangnya, saya tidak punya kamera yang memadai untuk menyimpannya. Kurang lebih keadaannya, seperti gambar di atas. Hanya saja ditambah bulan purnama yang terang di sebelahnya. Jadi, benar-benar sangat indah.

Hari-hari berlalu, saya perhatikan bintang tersebut mulai berjauhan dengan bulan, yang sekarang sudah menjadi bulan sabit. Namun, tetap saja saya tidak bosan melihatnya. Di kala dinginnya malam, sunyi dan hening, melihat bintang tersebut dapat membuatku seakan masuk ke ruang angkasa. Seakan bebas dan lepas dari kekangan yang ada di dunia ini. Benar-benar memasuki dunia lain yang terhampar luas, tiada ujung, dan saya hanya setitik kecil yang tidak ada apa-apanya, mencoba menjelajahinya sedikit demi sedikit. Dan mengagungi akan ciptaan-Nya (bagi saya yang muslim menyebut Sang Pencipta, Allah).

 
Bintang sirius A (kiri) dan B (kanan)

Sebelumnya saya tidak tahu itu bintang apa. Di saat bintang yang lain hampir tidak terlihat dalam beberapa hari tersebut, saya sempat mengira itu planet. Ahahaha… saya ini bodoh sekali dalam hal astronomi dan konstelasi bintang. Padahal sudah banyak disinggung di dalam film dan novel. Pasti pernah dengar sirius black. Ya! That is harry potter’s godfather dalam film harry potter. Salah satu dari 24 saint perak pelindung dewi athena, canis major sirius, dalam film kartun jepang (anime) saint saiya.

Banyak sekali manfaat yang kita peroleh kalau bisa memahami perbintangan. kita bisa tidak tersesat di tengah lautan atau padang pasir tanpa bantuan GPS, seperti yang dilakukan lintang dalam novel sang pemimpi. Pada zaman dahulu, Orang timur tengah adalah orang yang paling menguasai perbintangan, sehingga paling banyak digunakan oleh pelaut dari seluruh negeri dan benua sebagai penunjuk arah. Selain itu, perbintangan bisa digunakan untuk menentukan musim, juga waktu perjalanan, seperti yang dilakukan oleh penduduk mesir, cina, dan yunani.  

Dan sudah ada banyak orang yang membahasnya secara jelasnya.



Bonus: Bintang - Sherina Munaf




----------------------------------------------------------
   salam pelangi di tengah bintang   
                ^_^_^_^_^




2 komentar:

  1. wah asli keren. saya pengen banget,mempelajari tentang GPS.
    kunjungan pertama. salam kenalya sob

    BalasHapus
  2. @Kaz: terima kasih gan ;)
    Zaman sekarang mah dah canggih, bahkan ada banyak hp yang sudah dilengkapi dengan GPS. tinggal masukkan koordinat longitude-latitude.

    salam kenal balik. jangan lupa tukar link. kita blogwalking.

    BalasHapus